Jumat, 02 Oktober 2015

Perbedaan Batik Modern & Tradisional

Berdasarkan dari uraian artikel sebelumnya  kita dapat melihat perbedaan antara Batik Tradisional dan Batik Modern. Adapun perbedaan yang mencolok adalah dari segi motif dan aturan yang berlaku.


Batik tradisional adalah sebuah seni membuat garis dan titik yang akan membentuk suatu motif yang susunan motifnya terikat dengan suatu aturan dan dengan isen-isen tertentu. Memang banyak aturan-aturan tertentu yang harus dipatuhi dalam pembuatan susunan motif tradisional tertentu.
Selain itu pengerjaan batik tradisional memang lebih rumit dan memakan waktu yang lebih banyak. Oleh karena itu batik tradisional cenderung memiliki sisi eksklusif yang lebih tinggi dan cenderung memiliki harga yang lebih mahal. Beberapa macam batik tradisional adalah batik Becak, Batik Radioan, Batik Pekalongan, dll.  
Sedangkan batik modern memiliki cara pengerjaan yang tidak terikat oleh aturan tertentu baik dalam hal pembuatan susunan motif maupun warna yang digunakan. Sehingga  batik modern lebih mudah dalam teknik pengerjaannya dan lebih menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Batik modern lebih menonjolkan sisi keindahan dan menyesuaikannya dengan model baju yang lebih modern agar tidak terlihat terlalu kuno. Batik ini cenderung lebih mudah ditemui di pasaran dibandingkan keberadaan batik tradisional. Dan harganya pun tidak terlalu mahal.
Dari segi motif, Batik Tradisional bersifat terikat oleh aturan tertentu sedangkan Batik Modern bersifat bebas dan abstrak. Dari segi aturan yang berlaku, Batik Tradisional harus mengikuti isen-isen atau motif yang sudah ada sebelumnya sedangkan Batik Modern tidak ada aturan yang membatasinya.

Jika saat ini Anda mencari batik tradisional namun dikemas dengan cara yang modern sehingga terlihat seperti batik modern, sebaiknya Anda kunjungi situs www.batikmodernpekalongan.com . Di situs tersebut ada berbagai macam kemeja batik pria yang menggunakan batik tradisional namun terlihat modern. Dengan begitu, kedua jenis tersebut bisa dipadu-padankan. Selamat berkunjung dan berbelanja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar